Pendhapa Sanggar Manunggal, Ki Suryo Dipo Memahami Rasa Kejiwaan Jawa

    Pendhapa Sanggar Manunggal, Ki Suryo Dipo Memahami Rasa Kejiwaan Jawa
    Foto Dok.wartadesa.co.id Ki Suryo Dipo

    MAGELANG - Pendhapa Sanggar Manunggal, Antara rasa dan jawa tidak dapat terpisahkan. Sama dengan bunyi ungkapan berikut : ”wong jawa

    nggone rasa”. Kalau dalam trichotomi kejiwaan pada umumnya ada terjalin hubungan “cipta, rasa dan karsa” sebaliknya didalam (kejawaan) diakui bahwa

    rasa-lah yang dominan menguasai ungkapan kejiwaan orang Jawa. 

    Selama “rasa” tidak berfungsi dominan akan timbul penilaian sebagaimana bunyi ungakapan “wong jawa ilang rasane” lebih lanjut lagi “wong jowo ilang jawane” (orang jawa sudah ditinggalkan peranan “rasa”nya). Disinilah terpatri adanya “rasa Jawa” yang terkait dengan sikap perilaku Jawa (njawani) yang disertai “olah rasa” 

    Dengan “olah rasa” memungkinkan seseorang mempunyai kemampuan “tanggap ing sasmitha”, maksudnya cepat dan tepat menempatkan “rasa” nya dalam keadaan yang bagaimanapun juga. 

    Rasa jawa tidak sebatas pada rasa pahit atau manis, susah atau senang. Lebih dari itu berkaitan dengan “rasaning urip”. Sedangkan “rasaning urip”, berkaitan dengan “kejaten”. Rasa-jawa berhubungan erat dengan kasampurnaning urip.

    Orang yang sudah “mikani rasa” tentu sudah mempunyai sikap “tanggap sasmitha” menerima berkah semesta. Sebagaimana tertulis pada kutipan berikut :...”mangkana rasane tyas mami, ing atase bangsanipun Jawa, anane ing jaman wus kena yen sinebut kanugrahan ingkang nyartani, mulane putraningwang den narimeng pandum, yeku pitulungan sukma, ingsun enget sangkaning kamulyan kaki, brekahe luluhuririra.

    Nriman ing pandum.

    Bahwa setiap berkah dari Semesta dapat diterima sepenuh hati. Sikap demikian sesuai dengan prinsip “keadilan” dalam rasaning urip. 

    Contoh : “adiluhung panyuwun – diparingi “; “adiling pitakon – diwangsuli”; adiling prentah-ditindaaken”; adiling peparing – ditampani. Apabila “prinsip keadilan” ini diditerapkan dalam pergaulan, kiranya akan menciptakan “rahayuning sarawungan”, jagad akan aman – tentram – damai, tidak ada orang yang kecewa, mendendam, sakit hati, marah dan sebagainya, Nuwun.

    PENDHAPA SANGGAR MANUNGGAL MAGELANG
    Agung Libas

    Agung Libas

    Artikel Sebelumnya

    Polres Magelang Kota Gelar Ops Gaktibplin,...

    Artikel Berikutnya

    Pengenalan Table Manner bagi Kopral Taruna

    Berita terkait

    Rekomendasi berita

    Kadiv Humas Polri Tekankan Kualifikasi Mumpuni Jajaran Demi Implementasi Asta Cita Pemerintah
    Polresta Magelang Serahkan Bantuan Semen untuk Enam Masjid, Wujud Nyata Kepedulian terhadap Tempat Ibadah
    Eks Dirut Pertamina Luhur Budi Djatmiko Ditetapkan Tersangka, Apa Kasusnya?
    Magelang Menuju Nol Miras! Polresta dan Masyarakat Bersatu Demi Lingkungan Sehat dan Aman
    Jaga Kesehatan Tubuh, Prajurit Korem 012/TU Laksanakan Olahraga Bersama

    Tags